Cara Tepat Memilih Tipe Hosting Untuk Bisnis

Setelah membeli nama domain Website SEO Friendly, langkah selanjutnya membeli web hosting, sehingga situsmu bisa beroperasi. Langkah ini ada beberapa yang harus kita fahami. Karena tidak semua hosting website sesuai dengan kebutuhanmu.

Dalam kebutuhan bisnis ada 3 tipe hosting sesuai penggunaanya. Pilih tipe hosting sesuai kebutuhan bisnismu berikut:

  • Shared Hosting

Shared hosting for small bisnis adalah istilah yang digunakan untuk layanan web hosting di mana beberapa situs berbagi sumber daya dari web server yang besar.

Shared web hosting adalah jenis pilihan yang termurah dan paling terjangkau dari web hosting lain seperti VPS atau Dedicated Server. Banyak penyedia layanan web hosting yang menawarkan paket shared hosting dengan harga yang sangat terjangkau berkisar dari 15 ribu per bulan dan juga 90 ribu per bulan. Karena harganya yang murah, shared web hosting dianggap ideal untuk usaha kecil, blog, dan situs web portofolio dan juga memungkinkan untuk web aplikasi yang tidak membutuhkan space yang besar.

Shared hosting murah karena kamu berbagi sebuah web server yang besar dengan orang lain. Sebagai Contoh seperti ini. Jika kamu menyewa rumah sendiri, maka kamu bertanggung jawab untuk membayar semua sewa sendirian. Tapi jika kamu memiliki teman sekamar atau teman lain di dalam rumah tersebut, tentunya kamu bisa membagi pembayaran dengan teman kamu, sehingga biaya menjadi lebih murah karena di tanggung oleh beberapa orang.

  • Virtual Private Server (VPS)

Virtual Private Server hosting menawarkan mesin virtual untuk klien. Konsep virtualisasi mirip dengan shared hosting di mana satu komputer server dapat memiliki beberapa situs yang berjalan di atasnya. Namun, teknologi virtualisasi memungkinkan setiap account harus diperlakukan sebagai mesin sendiri dengan sumber daya sendiri yang berdedikasi dan sistem operasi.

Untuk Contoh: Dalam lingkungan shared hosting semua klien berbagi sumber daya dari komputer yang sama. Kebanyakan penyedia layanan shared hosting memiliki skrip yang membatasi sumber daya masing-masing klien, sehingga tidak ada satu klien yang menggunakan semua sumber daya. Namun, klien tidak dijamin sumber daya komputasi yang dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu tergantung pada berapa banyak klien yang menggunakan sumber daya pada saat yang sama.

Di sisi lain, VPS hosting dapat menjamin sumber daya yang tersedia untuk klien dengan menggunakan teknologi virtualisasi. Ini memberikan klien dengan lingkungan hosting yang jauh lebih stabil dengan sedikit atau tidak ada fluktuasi sumber daya yang tersedia.

Jika kamu pernah menggunakan program seperti Microsoft Virtual PC, VMWare Player, workstation, dll, maka kamu telah menggunakan konsep yang sama pada komputer kamu. Perangkat lunak tersebut memungkinkan kamu untuk melakukan hal yang sama pada komputer pribadi kamu dengan memungkinkan kamu untuk “hampir” menjalankan lingkungan sistem operasi lain di atas salah satu yang sudah diinstal.

Orang menggunakan teknologi ini pada komputer pribadi terutama untuk test atau untuk menjalankan software dan website di lingkungan yang berbeda tanpa menimbulkan biaya untuk membeli komputer baru.

  • Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan paket web hosting yang menyediakan dedicated server dengan sumber daya yang didedikasikan untuk klien tunggal. Dedicated hosting yang ideal untuk website WordPress dengan jumlah pengunjung yang sangat besar. Banyak Penyedia Layanan WordPress hosting menawarkan Hosting Dedicated Plan Shared dengan VPS hosting Plan.

Misalnya, dalam rencana shared hosting, klien berbagi komputer dengan banyak klien lain. Dalam kasus hosting VPS plan, klien berbagi mesin tetapi bukan sumber daya dengan klien lain pada komputer yang sama. Namun, rencana hosting khusus klien yang sewa seluruh server dengan semua sumber dayanya. Perusahaan web hosting menawarkan paket yang berbeda untuk Dedicated hosting. Harga rencana didasarkan pada pilihan klien pada hardware dan alokasi sumber daya.

Dedicated hosting yang ideal untuk organisasi besar atau situs dengan lalu lintas yang sangat besar. Klien mendapatkan kontrol penuh dari server yang memungkinkan mereka untuk mengkonfigurasinya untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Dedicated Hosting Plan juga datang dalam bentuk dikelola dan unmanaged mana pusat hosting dapat mengelola server untuk klien dalam kasus masalah. Dedicated server Managed umumnya lebih mahal. Harga ini juga dipengaruhi oleh jumlah sumber daya yang dibutuhkan seperti bandwidth, ruang penyimpanan, dan jumlah RAM, antara lain.

Biaya tambahan untuk dedicated server juga mencakup paket perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan server. Perangkat lunak tersebut dapat mencakup lisensi untuk Windows, jika diinginkan, cPanel, jika diinginkan, dan perangkat lunak lainnya yang dibayarkan. Gratis alternatif untuk sebagian besar paket perangkat lunak berbayar tersedia tetapi umumnya tidak disukai karena masalah dengan stabilitas perangkat lunak. Pengecualian utama untuk preferensi untuk dibayar vs perangkat lunak bebas adalah meluasnya penggunaan Linux lebih Microsoft atau OS berbayar lainnya pada server.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *